Menumbuhkan Minat Berbisnis: Tim KKN Kolaborasi UMUS mengadakan pembuatan Bisnis Plan melalui Bisnis Model Canvas (BMC) di SMA Negeri 1 Salem Brebes

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

LPPM News, 9 Agustus 2023. KKN Kolaborasi Universitas Muhadi Setiabu (UMUS) Brebes mengadakan kegiatan pembuatan Perencanaan Bisnis atau Bisnis Plan melalui Business Model Canvas atau BMC dengan sasaran kegiatan siswa/I SMA Negeri 1 Salem. Kegiatan ini melibatkan siswa/I kelas 12 beserta guru terkait untuk bersama-sama menjalankan kegiatan agar terlaksana dengan lancar.

Di era persaingan bisnis yang semakin ketat, diharapkan kita sebagai generasi muda perlu memikirkan inovasi-inovasi bisnis yang sekiranya cocok dan tepat serta terarah untuk pangsa pasar agar bisnis dapat berjalan, sehingga resiko kerugian sampai kebangkrutan tidak terjadi pada suatu bisnis. Pembuatan Perencanaan Bisnis Model Canvas ini bertujuan untuk menciptakan dan menumbuhkan minat pebisnis muda untuk merencanakan bisnis apa yang sekirannya dapat terarah dan mampu menguasai pasar.

Peserta pelatihan antusias terhadap materi yang diberikan

Baca juga : Taman Pintar Cigadung: Ruang Edukatif Baru di Bawah Bimbingan Mahasiswa KKN UMUS

Dalam suasana pemaparan materi yang terbilang santai dan interaktif, Tim KKN Kolaborasi UMUS mengajak siswa/I menjelajahi dunia bisnis melalui pembuatan Bisnis Plan Model Canvas ini. Siswa/I dijelaskan terlebih dahulu mengenai pentingnya perencanaan Bisnis, seperti tujuan pembuatan perencanaan Bisnis dan manfaat yang di dapat dari pembuatan perencanaan Bisnis Plan terutama Bisnis Model Canvas. Siswa/I juga diajak untuk merencanakan dan mebuat Bisnis Melalui kertas manila dan sticky Note yang telah di siapkan Tim KKN Kolaborasi UMUS.

Selain itu siswa/I juga diajarkan bagaimana menentukan target pasar, kelebihan produk, cara berhubungan dengan konsumen, saluran dari suatu produk bisnis yang dibuatnya, menentukan mitra kerja, kegiatan yang dilakukan, sumber pendapatan, akan bekerjasama dengan siapa sampai biaya apa saja yang dikeluarkan untuk membuat bisnis tersebut.

Baca juga : Menginspirasi Kreativitas Anak Desa: Mahasiswa KKN UMUS Mengubah Botol Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucu

Kegiatan pembuatan Bisnis Model Canvas ini menjadi forum untuk berdiskusi, mencari dan menuangkan ide atau gagasan bisnis serta berkreasi sekreatif mungkin bagi para siswa/I kelas 9. Mereka diberikan kebebasan untuk membuat bisnis plan sesuka hati namun tetap memperhatikan aspek atau 9 komponen dari perencanaan bisnis yang dibuat. Mereka sangat antusias ketika tim KKN UMUS memberikan tugas pembuatan Bisnis Model Canvas tersebut.

Kegiatan pembuatan Bisnis Plan yang dilaksanakan Tim KKN Kolaborasi UMUS mampu membawa inspirasi siswa/I tingkat SMA untuk memikirkan bahwasannya berwirausaha sejak muda perlu adanya perencanaan yang terarah atau terorganisir agar bisnis dapat mendapat pasar yang tepat. Dukungan dari guru dan Kepala Sekolah terkait kegiatan tersebut juga menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan kegiatan tersebut. Dengan semangat dan antusias peserta siswa/I kelas 9 SMA Negeri 1 Salem, kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan muncul minat dan semangat berwirausaha untuk menuju kemajuan desa terlebih dulu sehingga menciptakan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Baca juga : Mahasiswa KKN UMUS Brebes Berikan Pelatihan Kreatif: Lilin Ramah Lingkungan dari Minyak Jelantah

Berita Terkini

Berita KKN

Blog

Hak Cipta 2023 - LPPM UMUS - Pemutakhiran Februari 2023