Mahasiswa KKN UMUS 2023 Berdayakan Masyarakat dengan Pelatihan Kewirausahaan Briket Arang dari Bonggol Jagung

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

LPPM News, 9 Agustus 2023 – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) tahun 2023 telah memberikan pelatihan kewirausahaan yang strategis kepada masyarakat di Desa Malahayu dengan fokus pada pengolahan bonggol jagung menjadi briket arang. Desa Malahayu yang memiliki potensi pertanian jagung menjadi tempat pelatihan yang berlokasi di MTs Hidayatul Ummah, kelas IX.

Sebagai respons terhadap potensi pertanian jagung yang signifikan di Desa Malahayu, para mahasiswa KKN UMUS ini merancang pelatihan kewirausahaan yang bertujuan untuk mengajarkan masyarakat setempat cara mengolah bonggol jagung menjadi briket arang. Inisiatif ini bukan hanya berfokus pada menghasilkan produk bernilai ekonomi, tetapi juga mengurangi dampak negatif lingkungan yang biasanya disebabkan oleh pembakaran arang tradisional.

Baca juga : Sinergi Monev LPPM UMUS, Rektorat, dan Camat di Kecamatan Banjarharjo: Pemantauan Program Pemberdayaan Masyarakat KKN 2023

“Kami melihat peluang besar dalam mengolah bonggol jagung menjadi briket arang. Selain memberikan peluang usaha yang berkelanjutan, ini juga mendukung praktik pertanian yang lebih berwawasan lingkungan,” ujar Mohammad Lukmanul Kaim Mahasiswa KKN yang terlibat dalam kegiatan pelatihan.

Pelatihan ini meliputi proses dari seleksi bahan baku hingga teknik pembuatan briket arang dengan efisiensi tinggi. Mahasiswa KKN UMUS juga berbagi informasi mengenai manfaat penggunaan briket arang bagi lingkungan serta teknik pemasaran yang dapat membantu masyarakat dalam menjalankan usaha tersebut.

Baca juga : Inovasi Dosen Agribisnis UMUS: Aplikasi Kompos Limbah Daun Bawang Merah untuk Optimalkan Produksi Bawang Merah

Kepala Desa Malahayu, mengungkapkan rasa terima kasihnya terhadap kegiatan pelatihan ini. “Kami mengapresiasi inisiatif yang didukung oleh mahasiswa KKN UMUS ini. Ini adalah langkah positif dalam memberikan pengetahuan dan keterampilan yang berdampak pada pengembangan ekonomi lokal dan lingkungan.”

Diharapkan bahwa pelatihan ini akan memberikan dorongan bagi masyarakat Desa Malahayu untuk memanfaatkan potensi pertanian jagung secara lebih berkelanjutan. Pelatihan ini juga mencerminkan peran penting pendidikan tinggi dalam mendukung pembangunan ekonomi dan lingkungan lokal melalui kolaborasi praktis.

Melalui kontribusi yang langsung terasa ini, mahasiswa KKN UMUS telah memberikan contoh bagaimana ilmu pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama kuliah dapat digunakan untuk memberdayakan masyarakat lokal. Diharapkan, semakin banyak upaya semacam ini akan terus tumbuh, memberikan manfaat positif bagi pertumbuhan ekonomi desa dan mempromosikan praktik pertanian yang berkelanjutan.

Baca juga : Monitoring Baperlitbangda Brebes: Mahasiswa KKN UMUS di Kec. Banjarharjo Brebes Berperan Aktif dalam Pembangunan Berkelanjutan

Berita Terkini

Berita KKN

Blog

Hak Cipta 2023 - LPPM UMUS - Pemutakhiran Februari 2023

Login