Merangkul Cinta Akan Buku dan Pengetahuan: Mahasiswa KKN Kolaborasi UMUS dan UNIKU melakukan program pembuatan Pojok Literasi di SD Salem 2

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram

LPPM News, 22 Agustus 2023 – Semangat literasi dan pendidikan terus berkembang di kalangan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mahasiswa dari Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS) dan Universitas Kuningan (UNIKU) berhasil menciptakan program kolaboratif yang berfokus pada pendidikan dan literasi di Sekolah Dasar Salem 2. Program yang berupa “Pojok Literasi” ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi anak-anak dalam mengembangkan minat membaca dan pengetahuan.

Dalam upaya memajukan pendidikan dan literasi di tingkat dasar, mahasiswa KKN dari dua perguruan tinggi ini bergabung untuk mewujudkan program yang berdampak nyata. “Pojok Literasi” adalah sudut khusus di SD Salem 2 yang dirancang sebagai tempat yang menarik untuk membaca dan belajar. Ide ini muncul dari kesadaran akan pentingnya membaca sebagai keterampilan dasar yang harus dikembangkan sejak dini.

Baca juga : Taman Pintar Cigadung: Ruang Edukatif Baru di Bawah Bimbingan Mahasiswa KKN UMUS

Program ini dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2023 di SD Salem 2. Berbagai kegiatan edukatif dan interaktif dihadirkan dalam acara peresmian, termasuk pembacaan cerita, pertunjukan teater kecil, dan penandatanganan prasasti oleh para mahasiswa KKN.

Proses pembuatan Pojok Literasi oleh mahasiswa

Proses implementasi ini dimulai dengan membersihkan ruangan kelas terlebih dahulu. Kemudian mahasiswa KKN kolaborasi UMUS dan UNIKU mulai mengeksekusi konsep yang telah dirancang atau yang telah didiskusikan bersama. Konsep ini dirancang agar menarik perhatian siswa dalam menumbuhkan minat baca dan membuat suasana kelas lebih nyaman. Kami mahasiswa kolaborasi juga membuat rak meja dan menambah buku-buku cerita baru didalamnya,

Salah seorang mahasiswa dari UMUS, Dedy Hendri, menjelaskan, “Kami percaya bahwa memberikan akses kepada anak-anak untuk membaca dan belajar adalah investasi dalam masa depan mereka. Dengan mendukung Pojok Literasi, kami berharap dapat menciptakan generasi yang gemar membaca dan memiliki wawasan yang lebih luas.”

Bava juga : Menginspirasi Kreativitas Anak Desa: Mahasiswa KKN UMUS Mengubah Botol Bekas Menjadi Tempat Pensil Lucu

Program ini juga menunjukkan kolaborasi yang erat antara mahasiswa dari dua universitas yang berbeda. Kerjasama dalam menciptakan Pojok Literasi menunjukkan semangat bersama untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat melalui pendidikan.

Diharapkan bahwa “Pojok Literasi” di SD Salem 2 akan menjadi tempat yang memotivasi dan menginspirasi anak-anak untuk terus belajar dan mengeksplorasi dunia melalui bacaan. Kolaborasi antara UMUS dan UNIKU ini adalah contoh nyata bagaimana pendidikan dapat ditingkatkan melalui kerjasama lintas perguruan tinggi, dengan fokus pada perkembangan generasi muda.

Baca juga : Mahasiswa KKN UMUS Brebes Berikan Pelatihan Kreatif: Lilin Ramah Lingkungan dari Minyak Jelantah

Berita Terkini

Berita KKN

Blog

Hak Cipta 2023 - LPPM UMUS - Pemutakhiran Februari 2023